KH. Maimun Zubair : Wahabi Bukan Kafir Tapi Mereka Berdosa Dengan Keyakinannya

Dikabarkan dari Malang, Jawa Timur, acara Seminar Nasional dan Bahsul Masail Islam Nusantara di Aula Rektorat Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (13/02). Ternyata ada hal khusus dilakukan oleh dua orang ulama yaitu KH. Azizi Abdullah dari Kediri dan KH. Maimun Zubair.

Dalam sebuah kesempatan selingan di seminar, seperti yang dilansir oleh metro.islam, menyebutkan bahwa KH. Azizi Abdullah memancing suasana istirahat, justru menanyakan kepada KH. Maimun tentang hukum orang-orang Wahabi / Salafi yang dalam pengetahuannya adalah kafir karena telah mensyirik-syirikkan dan menyesatkan NU dengan amaliahnya.

Apa respon KH. Maimun saat mendengar pertanyaan Kiayi Azizi?
Ternyata Kiayi Maimun kesal kepada Kiyai Azizi yang menganggap kafir kepada Wahabi.

Dijawab Kiayi Maimun :
“Hei, Mas, sampean jangan ngawur..
Wahabi itu bukan kafir, Mas, tapi berdosa.
Lha, orang berdosa itu, Yaghfiru liman yasyaa’ wa yu’addzibu man yasyaa".
Kalau Allah mengampuni, ya mereka akan masuk surga, tapi kalau tidak diampuni mereka akan masuk neraka.

Kemudian ditambahkannya lagi.
"Kalau kafir itukan pasti masuk neraka. Sampean ini jangan main hukum kafir begitu saja, wong sampean saja belum pasti masuk surga, ngapain ngurusi orang lain?".

Lalu Kiai Maimun mengimbau kepada warga NU agar tidak terlalu ikut campur dengan perkataan orang lain, karena baginya, yang penting itu haruslah menjaga akidah diri sendiri agar selamat dan tidak seperti Wahabi yang suka mengurusi orang lain.

Akhirnya dengan nada senda, Kiai Azizi mengaku insaf sadar dari asal menghukumi orang.
“Saya pun tobat”, kata Kiai Azizi disambut tawa para hadirin. ternyata KH. Azizi hanya bergurau mengisi kekosongan masa selingan acara.

No comments

Powered by Blogger.