Bersama Kami di Auliya Travel

Awas Tertipu Dengan Kalimat Semua Bid'ah Sesat

Mudhiatulfata.blogspot.com - Seluruh muslimin dan muslimat, harus kiranya berhati-hati dalam menerima dan mengambil sebuah fahaman yang mengatakan semua bid'ah adalah sesat, setiap sesat adalah neraka. Hal tersebut dikarenakan ajakan yang disampaikan itu jauh melenceng daripada makna dari dalil hadis Nabi yang sebenarnya.
Pernyataan seperti itu jelas keliru dan tidak sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad Saw yang membagi bid'ah menjadi dua bagian yaitu bid'ah yang tertolak karena dhalalah (sesat) dan bid'ah yang tidak tertolak karena hasanah (baik).

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ
"Siapa saja mengada-adakan sesuatu dalam urusan Agama kami ini yang tidak ada dasarnya, maka akan tertolak". (HR. Muslim).

Melalui hadits ini baginda Nabi Saw menerangkan bahwa :
"Siapa saja yang membuat muhdats atau bid'ah (mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama) yang tidak ada dasar dari syariat akan tertolak". 

Inilah yg dimaksudkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw sebagai bid'ah yang dhalalah atau sesat
karena hanya perbuatan dhalalah atau sesat yang akan tertolak. Tapi sebaliknya, melalui hadits ini pula baginda Nabi Saw menjelaskan juga bahwa membuat muhdats atau bid'ah yg memiliki dasar dari syariat tidak akan tertolak alias diterima. Perbuatan bid'ah yg tidak tertolak alias diterima tentulah perbuatan yg baik. Di sini jelas telah terjadi pembelokan makna sebenarnya oleh Salafi Wahabi yang harusnya adalah bid'ah dhalalah tapi dibelokan kepada bid'ah hasanah.

Semoga Allah Swt memberi hidayah dan petunjuk-Nya kepada kita semua sebagai Ahlussunnah Waljamaah dan tercegah daripada fitnah serta pengaruhnya ajaran Salafi - Wahabi, Syi'ah dan sejenisnya. Amin

No comments

Powered by Blogger.