Bersama Kami di Auliya Travel

Awas, Hati-hati Jebakan & Virus Aplikasi Facebook Pada HP dan PC

BERIKUT ini adalah beberapa jebakan yang digunakan penjahat cyber untuk menyebarkan virus ke PC dan smartphone anda, mencuri data pribadi anda dengan memikat pengguna agar mengklik situs palsu.

Perhatikan hal-hal ini, sebagai beriut:

1. Aplikasi facebook color charger: aplikasi ini menarik pengguna dengan fitur untuk mengubah warna, aplikasi ini juga mengarahkan pengguna ke situs palsu dimaksud, dan mengelabui untuk berbagi aplikasi, video tutorial dengan mengajak untuk mengklik iklan. Bahayanya aplikasi ini akan membajak profil pengguna, bahkan menginfeksi perangkat mobile anda dengan virus.

2. Aplikasi who viewed your facebook profil (my.top.fans page) atau siapa yang melihat profil facebook kamu. Penipuan di media sosial sangat memikat pengguna dengan pesan dari teman atau iklan yg diposting di dinding mereka dengan mengundang pengguna untuk memeriksa siapa saja yang melihat profil Fb anda. Setelah mengklik, profil pengguna dan jaringan sosial mereka akan terkena virus scammer.

3. Video facebook dengan judul yang menarik dan mencolok: penjahat dunia maya sering menggunakan judul menarik seperti "not safe for work" atau "outrageous" untuk memancing pengguna dengan mengklik video yang mengarahkan mereka ke situs palsu dan mencuri data pribadi mereka. Penipuan ini juga dapat menyebabkan inveksi virus ke perangkat pengguna, seperti rootkit yang sulit untuk dihapus.

4. Video telanjang di facebook: biasanya datang dalam bentuk iklan atau posting dengan link yang mengarahkan mereka ke situs youtube palsu. Situs palsu tersebut kemudian meminta pengguna menginstall dan memperbaiki 'Adobe Flash Player' mereka yang rusak, setelah diklik, installer flash player palsu itu akan menginfeksi perangkat dengan menginstall malware (biasanya trojan) sebagai browser. Virus ini juga mengajak pengguna lain dengan menonton dan meng install video telanjang. Beberapa aplikasi jebakan ini dapat mengirim video telanjang atau membagikan sesuatu pada grup atau dinding teman tanpa anda sadari.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan keamanan daripada data akun pribadi, smartphone dan PC anda tetap terjaga dengan baik. (yma)


No comments

Powered by Blogger.