Video, Kegembiraan Para Santri & Cahaya Islam Dalam Ramadhan Di Benua Hitam


Kegembiraan dan cahaya islam di bulan Ramadhan 2016 kali ini ternyata juga dirasakan oleh sahabat-sahabat pelajar dan rakyat dari benua hitam Afrika. Mereka bertiga mengajak kita semua untuk menyampaikan pesan-pesan di bulan mulia ini bulan yang penuh berkah Ramadhan mubarak ya karim.

"Allahumma Ballighna Ramadhan" ini video sahabat santri-santri :


Seluruh muslim di Senegal, Afrika ini juga muslim Ahlisunnah Waljamaah Asy'aryah bermazhab fiqh Malikiyah, yang memiliki banyak ulama-ulama besarnya  dan penghafal A-Quran. Karena itu, setiap Ramadhan, para ulama dan santri-santri baik penghafal quran maupun penggali ilmu saling bertebaran madrasah dan masjid-masjid selama Ramadhan.

Salah seorang ulama berpengaruh di Senegal, Syeikh Ahmed Tijani Ben Oma, seorang mursyid tareqat Attijaniyah yang berasal dari para Sahabat Nabi dan dikembangkan di berbagai negara Afrika Barat dan sekitarnya.

Syeikh Ahmed Tijan ben Omar bersama murid-muridnya
Mengenai penganut agama di negara ini, Islam merupakan agama dominan di Senegal dari 92 persen dari penduduk negara yang mayoritas Muslim yang berasal dari Arab, terutama Sunni dari Maliki dengan pemikiran pengaruh Sufi. Islam telah memiliki kehadiran di Senegal sejak abad ke-11. Persaudaraan sufi diperluas dengan penjajahan Perancis, sebagai orang-orang beralih ke otoritas keagamaan daripada pemerintahan kolonial.

Perkembangan islam cukup pesat dengan kehadiran ulama2 dari negara lain

Anak-anak muslimah cukup sederhana
Ajaran Sufi Ahlussunnah Waljamaah adalah utama tareqat Tijaniyah, dan pada tingkat lebih rendah ada islam Qadiriyyah dan urutan Layene lebih kecil, namun ada juga beberapa pengikut ajaran sesat yang dikecam warga yaitu sekte Ahmadiyah sekitar 1 persen dari muslim mayoritas. (yma)


by.korespodensi telegram malaysa

Baca juga :


No comments

Powered by Blogger.