Video, Aktivitas di Dayah Darussalam Labuhan Haji, Selain Belajar Juga Berzikir


Lantunan zikir dalam bahasa Aceh dipanjatkan sebagai pujian atas kebesaran Allah SWT. Ada pula lantunan kisah Rasulullah termasuk cerita tentang perjuangan para sahabat saat Islam baru tumbuh di Jazirah Arab.
Mereka juga membaca Dalailul Khairat, kitab yang memuat beberapa shalawat nabi karya ulama besar kelahiran Maroko, Imam al Jazuly.

Tak tertinggal mereka juga larut dalam kasidah Ya Hanana. Betapa beruntungnya kami. Begitulah makna Ya Hanana. Para santri yang rutin menggelar zikir saban Jumat Iini memang merasa beruntung (lahir dan hidup sebagai muslim, lalu dapat belajar menyelami Islam di Darussalam, Labuhan Haji, Aceh Selatan).

Para santri percaya, sebagai pondok pesantren (dayah) tertua yang menjadi induk seluruh pesantren di Aceh (dan juga menjadi cikal bakal provinsi Aceh). Dayah Darussalam adalah juga sebagai rumah ideal untuk meniti jalan kecintaan pada sang Ilahi.

Dan di saat-saat tertentu seperti bulan Rabiul Awal, Ramadhan atau bulan lainnya, dayah ini selalu saja penuh segala aktivitasnya baik dalam hal belajar mengajar ataupun rutinitas lainnya sangat penuh akan keislaman, ilmu, amal, syiar dan dan syair. Terutama di bulan Ramadhan dayah Darussalam ini merupakan pondok yang tak pernah tidur. Masjid tak pernah sunyi. Ada saja yang berzikir atau membaca kitab suci.

Lihat rekaman videonya :


Sejak berdiri tahun 1942, ribuan teungku atau ulama telah lahir dari pondok ini dan menyebar ke berbagai wilayah di Aceh. Bahkan sampai ke Negeri Jiran. Memang santri-santri Darussalam datang dari banyak wilayah.

Sepintas Darussalam tak jauh berbeda dalam hal pengajaran ilmu balaghah, ma'ani, bayan, dan badi'. Demikian juga dalam ilmu ushul fiqih dari berbagai kitab Islam dan ilmu mustahalah hadis, tafsir, mantiq, a'rudh serta tasawuf.

Beginilah sepintas adanya dayah tercinta dayah Darussalam Labuhan Haji, di Aceh Selatan, dayah yang sangat berjasa rakyat Aceh dan sekitarnya dan bermanfaat bagi umat sebagai jalan mencari keharibaan kepada sang Ilahi Rabbi. (yma)

sumber : fb khairul

Baca juga :
Powered by Blogger.