Ketahuilah Beberapa Jenis Makanan Sehat Tapi Menyimpan Potensi Amat Berbahaya


Jangan terlena dengan rasa yang enak dan tampak bagus. Makanan sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Harusnya ada baiknya terlebih dahulu mengenal bagaimana fungsi dan kegunaan serta gizi-gizi yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, dari beberapa jenis makanan yang kaya gizi, terdapat bakteri yang juga membahayakan tubuh. Apa sajakah itu?

1. Sayuran daun hijau
Bayam, selada, daun mint, dan sayuran hijau lain memang memiliki banyak nutrisi. Namun, mikroba dan racun pestisida yang terdapat di dalamnya berbahaya bagi tubuh. Pastikan Anda mencuci atau memasaknya dengan benar sebelum dikonsumsi.

2. Telur
Meski memiliki protein tinggi. Namun, telur mengandung bakteri Salmonella yang dapat menimbulkan banyak penyakit seperti tifus atau badan menjadi tak enak setelah makan.

3. Ikan tuna
Ikan tuna yang tak bersih dapat mengandung scombrotoksin yang dapat menyebabkan sakit kepala, kepanasan, dan kram bila dikonsumsi.

4. Tiram
Tiram mengandung norovirus yang dapat menyebabkan demam, menggigil, gastroenteritis dan bahkan kulit lecet.

5. Kentang
Kentang yang tak bersih bisa jadi masih mengandung bakteri E. colu yang menyebabkan masalah pencernaan dan memengaruhi sistem imun.

6. Beri
Meskipun enak dan sehat, beri mengandung parasit Cysclospora yang dapat menyebabkan kram perut, diare, dan dehidrasi.

7. Selai kacang
Camilan tinggi protein ini bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pencernaan dan gejala seperti flu, bila sering dikonsumsi dan tidak disimpan dengan benar. (aj)


sumber metrotvnews.com


No comments

Powered by Blogger.