Video, Abi Daud Hasbi : "Dalil Maulid Nabi Banyak Bahkan Dari Imam Syafii Pun Juga Ada"


Mudhiatulfata.net - Pada sebuah kesempatan shalat Jum'at di wiliayah Pidie, Aceh, sebelum Ramadhan lalu. Salah seorang tim redaksi mudhiatulfata.net sempat mendokumentasikan khutbah Tgk H Daud Hasbi atau yang akrab disapa dengan Abi Daod, merupakan salah seorang ulama yang termasuk dalam kekharismatikan di Aceh. 



Dalam khutbah beliau mengungkapkan kekecewaan kepada orang-orang yang anti dan suka mengharamkan maulid Nabi Muhammad Saw. Mengapa demikian? 

Menurutnya betapa mereka orang-orang yang anti pada maulid Nabi itu belum apa-apa sudah main vonis-vonisan kepada perbuatan tersebut dengan tuduhan bid’ah, sesat, haram (syirik) dan masuk neraka. Padahal kalau memang mau mengkaji dalil perdalil secara ilmiah dan mendalam maka tentu tidak seperti apa tuduhan mereka kepada maulid Nabi dan para pelakunya.

Masih mnurut beliau, padahal dengan memperingati maulid banyak manfaatnya, khsusunya di Aceh. Di antaranya dapat diambil hikmah dari oleh semua orang yang sadar diri dengan agamanya terutama bagi anak-anak dalam mengenal sosok kepribadian Nabinya.

Beliau juga menerangkan, manfaat dari bermaulid juga dapat mengajarkan bagaimana riwayat perjalanan hidup Rasulullah Saw. Juga diajarkan pula agar mau berinfaq dan bersedekah atau memberi makanan kepada orang-orang lain. Kemudian juga ada pembacaan zikir dan shalawat nabi, dan pada saat itu juga orang-orang berada dalam kesuka-riaan, bersenang dan gembira menyambut hari lahir nabinya sendiri nabi umat islam, dan bukan nabi umat lain.

Bahkan Abi Daud juga mengatakan masalah dalil-dalil maulid itu banyak dalam Quran dan Hadis pun tersebutkan. Cuma saja cara persepsi mereka orang-orang yang kurang ilmu tidak bisa mencernanya dengan baik sehingga salah memahaminya bahkan berani menuduh macam-macam.

Abi mengatakan, bahkan oleh ulama besar dalam mazhab akidah Ahlussunnah Waljamaah yaitu Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah sendiri pun mengatakan tentang keutamaan maulid Nabi, seperti yang tersebut dalam kitab Madarijus Su’ud, karangan ulama besar mazhab Syafii yakni Al-Imam Asy-Syekh An-Nawawi, disebutkan :

 “Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingati Maulid nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat, dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid nabi, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh. Dan dia akan dimasukkan dalam jannatun na’im.

Banyak hal keutamaan lain tentang maulid dan seputarnya, untuk dapat mengetahui selengkapnya, lihat dan simak baik-baik video ini, semoga tercerahkan :

Seklias tentang profil Abi Daud Hasbi 

Beliau adalah seorang pemimpin dan ulama yang kini sedang memegang kendali sebuah dayah Jeumala Amal di Luengputu, Pidie Jaya, Aceh. Dan beliau juga adalah sebagai ketua Insyafuddin yaitu organisasi islam di Aceh, dan beliau adalah juga mantan Kakandepag (Kepala Kantor Depag Agama) Aceh di beberapa periode tahun yang lalu. (yma)


baca juga :


No comments

Powered by Blogger.