Video, Gunung Barujari Meletus Lagi, Selain Membahayakan juga Menganggu Lintas Penerbangan Lombok


Mudhiatulfata.com, Lombok - Padahal tahun lalu gunung Barujari ini baru saja meletus, tapi sekarang di awal Agustus tahun 2016 ini ia ber-ulah lagi tepat beberapa jam setelah gempa Dompu yang disebabkan sesar Flores aktif dengan kekuatan 5,7 SR diduga menjadi penyebab gunung di "ketiak" komplek kaldera Rinjani dengan diameter delapan kilometer itu kembali meletus.

Gunung yang menyemburkan abu letusan dari puncak Barujari, mengganggu penerbangan di atas Pulau Lombok. Letusan ini diakibatkan oleh gempa bumi berkekuatan 5,7 SR pada kedalaman 18 km, dengan kedalaman 22 km 63 km arah baratlaut Kabupaten Dompu.

Gunung Barujari aktivitasnya mulai meningkat sekitar pukul 11.50 WITA atau hanya selang tiga jam setelah gempa Dompu. Meletusnya gunung tersebut menurut seorang sumber dari BNBP mengatakan akibat adanya guncangan gempa menyebabkan tekanan dari dalam perut gunung sehingga terjadi letusan..
Pihak BNPB Nusa Tenggara Barat (NTB), Sutopo Purwo Nugroho. mengatakan bahwa warga sekitar pada Senin (1/8/2016) merasakan getaran gempa akibat aktivitas Barujari yang terus meningkat dengan intenaitas 3MMI.

Berikut video gunung Barujari meletus :

Pantauan satelit Himawari dari BMKG pada pukul 12.50 WITA distribusi awan ke selatan, selanjutnya awan letusan menyebar ke tenggara dan barat laut sekitar pukul 16.00 WITA. Adanya sebaran abu vulkanik ini tentu membahayakan dunia penerbangan, Kementerian Perhubungam akhirnya menutup operasioal Bandara Internasional Lombok terhitung dari pukul 16.55 WITA sampai hari ini, Selasa (2/8/2016) pukul 10.00 WITA. (yma)

sumber m.tempo




No comments

Powered by Blogger.