Bersama Kami di Auliya Travel

Daftar Sejumlah Nama Ulama Alumni Dayah Tanoh Mirah Yang Telah Eksis Di Aceh


Mudhiatulfata.net - Dayah Darul Ulum yang dipimpin Abon Tanoh Mirah merupakan dayah ternama di Aceh, begitu pula dengan sosok Abon Tanoh Mirah adalah seorang ulama terkenal di masa itu. Namanya terdengar keseluruh pelosok tanah air sebagai ulama yang sangat menguasai ilmu ushul figh dan aqidah.

Abon dengan nama lengkap Tgk. Haji Abdullah Hanafi merupakan salah satu murid dari Tgk. Syekh H. Muhammad Waly Al Khalidy atau lebih dikenal dengan sebutan Abuya Muda Waly, pendiri Dayah Darussalam, Labuhan Haji, Aceh Selatan. 


Setelah sekian lama Tgk. Haji Abdullah Hanafi berguru pada Tgk. Syekh H. Muhammad Waly Al Khalidy di Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan, kemudian beliau pulang ke kampung halaman di Tanoh Mirah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan Agama Islam yang diberi nama Dayah Darul Ulum, pada tahun 1957. 


Pada masa jayanya, Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah sangat terkenal hingga ke Malaysia dan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Hingga kini dayah tersebut memiliki santri-santri dari dalam dan luar Aceh datang dan belajar ilmu agama dan telah sukses membangun dayah di daerahnya masing-masing. 


Di antara santri-santri tersebut yang dahulu pernah mondok dan belajar (menjadi alumni) di dayah ini mungkin perlu dikenal siapa saja dan yang mana orangnya. Mereka kini telah membuka dayah-dayahnya di Aceh dan kayak disebut sebagai ulama-ulama karena kealiman dan keshalihannya siap berkiprah di Aceh.

Berikut ini deretan daftar nama mereka, sesuai dengan urutan dalam foto di atas, adalah sebagai berikut :

1. Abon Tanoh Mirah
2. Abon Arongan
3. Abu Ulee Titi
4. Abu Keunire
5. Abaty Simpang Ulim
6. Abu Takengon
7. Abaty Babah Buloh
8. Abu Tanjong Bungong
9. Waled Alubue Perlak
10. Abon Putoh Panton
11. Abu Keude Dua Idi
12. Abi Peudawa
13. Waled Tanoh Mirah
14. Abuya Ruslan Aceh Selatan
15. Abaty Buloh Blang Ara
16. Abon Awe Geutah
17. Abuya Padang
18. Waled Matang Kuli (Tgk.H. Sirajuddin Hanafi)
19. Waled Bayu
20. Abah Alue Awee
21. Waled Peurupok
22. Abaty Lhok Mon Puteh
23. Abon Nisam
24. Abah Baktiya
25. Tgk Abon 
Dan lain-lain.

Demikian daftar sejumlah ulama ini yang diterima redaksi
 mudhiatulfata.com. Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penyusunan nama dan daftar foto. Sesuai dengan data yang kami terima, sebenarnya masih banyak lagi di antara mereka yang tidak tersebutkan satu persatu. (yma)


sumber :
teuku al khalidi
(waled muda tanah gayo)


Baca juga :


No comments

Powered by Blogger.