Tim Desa Lamduro, Aceh Besar, Juarai Lomba “Toet Beude Trieng“


Mudhiatulfata.com - Setelah tampil bagai heroik yang ingin menggempur lawan (Belanda) dengan beberapa tim dari desa lainnya di Stadion Mini Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, akhirnya tim Desa Lamduro, Darussalam, Aceh Besar, unggul dan berjaya sebagai juara pertama lomba toet beude trieng (bakar meriam bambu), Kamis (29/9).

Lomba toet meriam bambu ini salah satu dari sejumlah agenda dalam Physics Complex and Open House (PCOH) yang diadakan Fakultas MIPA Unsyiah, Banda Aceh.
Inilah di antara peserta lomba beude trieng
Ketua Jurusan Fisika, Dr Nasrullah Idris SSi MT kepada media menyebutkan, juara II dan III lomba tersebut diraih Gampong Limpok (Kecamatan Darussalam) dan SMA 2 Banda Aceh. “Kepada juara, diberikan hadiah berupa tropi, sertifikat, dan sejumlah uang pembinaan,” ungkapnya. 

Menurut Nasrullah, 
lomba itu iikuti enam tim yaitu Desa Limpok, Desa Lamduro, Desa Lam Puja, SMA Lab School, SMAN 2 Banda Aceh, dan MAN Model Banda Aceh.
“Lomba toet beude trieng kita pilih sebagai salah satu kegiatan pada acara PCOH karena permainan tersebut adalah permainan tradisional yang kini sudah sangat jarang dimainkan,” timpalnya.

Ketua Dewan Juri, Dr Suhrawardi Ilyas MSc menyebutkan, yang menjadi pertimbangan pihaknya dalam menilai peserta 
lomba meriam bambu itu adalah suara meriam yang paling nyaring.

“Hal itu dapat diukur menggunakan perangkat sound level meter. Selain itu, juga dinilai kekompakan tim, irama yang dihasilkan, serta estetika atau kreatifitas dari peserta untuk menghias meriam bambunya,” demikian ungkap Suhrawardi.(yma) 


sumber serambinews

No comments

Powered by Blogger.