Gempa 7 Desember 2016, Berkekuatan 6,4 SR Berpusat di Pidie Jaya dan Sekitarnya


Mudhiatulfata.net, Meureudu - Pagi hari di saat waktu Shubuh, warga Aceh dikejutkan dengan goncangan gempa berkekuatan 6.4 SR, melanda wilayah Pidie Jaya, kabupaten Bireuen dan sekitarnya. Bahkan getaran gempa tersebut sempat dirasakan ke seluruh wilayah pantai timur Aceh, (Rabu, 07/12/2016).

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, ini sebuah musibah lagi bagi rakyat Aceh. Gempa yang terjadi tepatnya berada pada titik pusatnya di daratan Pidie Jaya. Sehingga akibat yang ditimbulkannya besar, telah memakan korban jiwa dan berbagai sarana bangunan yang rusak berat. 

Tampak seperti gambar foto-foto di bawah sejumlah gedung bahkan juga termasuk mesjid mengalami kerusakan berat dan juga tampak warga yang panik dengan kondisi ini. 
Diketahui akibat gempa darat ini yang terparah terjadi di Pangwa, Trienggadeng, Panteraja dan lainnya di kabupaten Pidie Jaya, dan kerusakan juga terjadi di Samalanga, kabupaten Bireuen dan sekitarnya. 

Menurut sumber yang dilaporkan Kompas TV dalam videonya di bawah ini meski tidak berpotensi tsunami namun banyak korban telah berjatuhan ditemukan dalam reruntuhan bangunan. Baik di kabupaten Pidie Jaya yang tingkat kerusakannya lebih parah maupun dari kabupaten Bireuen.  

Lihat rekaman video live :


Lihat beberapa lembar galeri foto di bawah :
Warga yang panik berhamburan keluar saat dan pasca gempa
Salah satu rumah ibadah di Pangwa, Pidie Jaya turut ambruk

Sebuah gedung universitas agama roboh, di Samalanga, Bireuen
Seperti halnya yang ikut dirasakan oleh warga di Bireun, tepatnya di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Akibatnya di Dayah MUDI juga kena inbas hanya dua buah bangunan yang rusak, sebuah kubah masjid yang sedang dalam tahap konstruksi roboh dan gedung utama kampus IAI Al-Aziziyah yang terletak di depan Dayah MUDI pun ikut amblas dan seorang ustad yang sedang menuntut ilmu di dayah (ponpes) asal dari Geumpang, Pidie.

Sementara mengenai korban secara yang ditimbulkannya, hingga saat ini menurut informasi telah ditemukan belasan korban jiwa dan ratusan orang yang luka-luka. [admin]

No comments

Powered by Blogger.