Kampung Bundar Aceh Tamiang, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Di Mesjid Syuhada

Kepala desa Datok Penghulu Kampung Bundar depan mesjid Syuhada & kantor desa 
Mudhiatulfata.net, Karangbaru - Bulan maulid datang, seperti biasa di Aceh Tamiang sebagaimana rakyat Aceh dan umat islam yang ada di indonesia, lazimnya dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad selalu ada kebiasaan atau tradisi tersendiri bagi daerahnya masing-masing. 

Masyarakat di Kampung Bundar di Aceh Tamiang tiap tahunnya pun selalu mengadakan kegiatan untuk memperingati hari lahirnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, tidak ketinggalan untuk tahun ini masuk di awal bulan Rabiul Awwal 1438 Hijirah.

Sebagaimana pula diungkapkan oleh seorang pemimpin desa di salah satu kampung yang ada di Aceh Tamiang yakni Datok Penghulu Kampung Bundar, Kecamatan Karangbaru, Kabupaten Aceh Tamiang, bapak Mukhsin kepada tim Mudhiatulfata.net  pada Rabu malam (21/12/2016).

“Kami tiap tahunnya mengadakan pelaksanaan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi kita ini, dan masyarakat kami disini semuanya kompak untuk hal-hal semacam itu.” Demikian diungkapkan Pak Mukhsin.

Menurutnya masyarakat Kampung Bundar dengan para tokoh-tokoh aparat desa dan agama bersama saling bahu-membahu akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyukseskan kegiatan dimaksud. Sebagai pelaksananya telah dibentuk panitia bersama untuk dapat fokus bekerja untuk kegiatan maulid Nabi.

Seperti biasa juga dijelaskan bahwa panitia Maulid Nabi dengan bantuan sedekah dari warga setempat akan melayani pemberian sedekah makanan (makan malam) bagi seluruh warga Kampung Bundar yang hadir pada acara maulid. 

“Inilah juga sebagai bukti berkah bulan Maulid bulan untuk memuliakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW dimana hari tersebut adalah wujud kegembiraan bagi isi seluruh jagad alam raya ini termasuk manusia ini dan muslimin di seluruh dunia, yang senang dengan kedatangan orang paling suci di dunia yakni Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalleb.” Ungkap salah seorang tokoh agama Kampung Bundar.

Sebagai informasi tentang kapan dan siapa penceramhanya, didapatkan keterangan yang menetapkan pelaksanaan acara Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini pada :

Hari/Tanggal  : Jum’at (malam), 23 Desember 2016
Pukul             : 20.00 WIB (ba’da Sholat Isya) 
Penceramah    : Al-Ustad Drs Surianda Lubis (dari Seumatera Utara)

Semoga saja kegiatan acara Maulid Nabi Muhammad SAW dapat berjalan sesuai harapan kita semua serta dapat mengambil pelajaran berharga dari kisah lahir dan tauladan hidupnya Rasulullah SAW bagi umat manusia. Amin. (yma)

Baca juga : 

No comments

Powered by Blogger.