Dayah Mudhiatul Fata Lampaseh Aceh Adakan Maulid Nabi & Tabligh Akbar oleh Almukarram Tgk H Marwan Lc


Mudhiatulfata.net, Banda Aceh -
Hari Sabtu mendatang 28 Januari 2017, Dayah Mudhiatul Fata di Lampaseh Aceh, Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan perhelatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H yang akan diisi dengan kegiatan seperti menjamu para tetamu dengan makanan (kenduri), pembacaan zikir maulid, pemberian santunan dan tabligh akbar (dakwah).

Seperti biasanya, kegiatan memperingati hari lahir Rasul Musthafa tersebut yang akan mengisi dakwah dalam tablig akbar adalah Almukarram Syaikhuna Tgk H Marwan (Baba). Dan kegiatan dakwahnya akan berlangsung di malam harinya ba'da shalat Isya (malam Minggu).
Namun sebelumnya pada siang harinya juga akan dimeriahkan pembacaan zikir maulid yang mengiringi suasana peringatan maulid. Dan grup yang membawakannya adalah grup zikir dan shalawat dari Dayah Ulum Alfata, yang berasal dari Gampong Kayee Kunyet, Lampisang, Aceh Besar.

Sedangkan mengenai kenduri, pihak dayah melalui panitianya mengatakan akan menjamu para tamu undangan di siang hari (Sabtu).
"Maulid kali ini kami hanya memotong 2 ekor hewan (Sapi dan Kambing), dan kami juga mengundang lebih kurang 1000 orang tamu, dan pada malamnya jangan lupa kita semoga dapat mengikuti /mendengarkan dakwahnya." Demikian ungkap Tgk Amny (salah seorang unsur panitia) kepada tim Mudhiatulfata.net (Kamis, 26/1/2017).

Kuah Beulangong, salah satu menu masakan khas Aceh yang siap dihidangkan
Sementara itu menurut keterangan langsung dari pimpinan dayah, mengenai penceramah telah mempersiapkan dua orang, hal ini guna mengantisipasi kemungkinan terjadi apabila Baba nantinya berhalangan, seperti telah Beliau sampaikan kepada Abati.

"Sejatinya sebagai penceramah adalah Baba, tapi jika Baba berhalangan maka digantikan oleh Tgk H Ibnu 'Akil (salah seorang alumnus universitas ternama di Yaman), dan ia sendiri juga merupakan murid (alumni) dari pada Dayah Ruhul Fata Seulimuem Aceh Besar. Dan ia pun kini telah menjadi menantu dari Baba." Ungkap Abati (Tgk Sufi Muhammad Harun) pimpinan Dayah Mudhiatul Fata, Lampaseh Aceh, Kota Banda Aceh.


Mengenai Dayah Mudhiatul Fata

Adalah cabang dari Dayah Ruhul Fata, yakni sosok dayah terkenal di Aceh yang saat dipimpin Abon Seulimuem (Tgk H Mukhtar Luthfi bin Tgk H Abdul Wahhab) yang kini telah meninggalkan kita semua (wafat) di tahun lalu.

Mengenai Dayah Mudhiatulfata di Lampaseh ini telah diresmikan penggunaanya oleh Abon Seulimuem sebagai dayah cabang dari Ruhul Fata Seulimuem. Kemudian mengenai riwayat dayah pimpinan Abati ini dahulunya dikenal sebagai balai tempat pengajian, namun setelah peresmiannya sebagai dayah tahun 2014 lalu, dayah tersebut kini terus semakin eksis di dunia pendidikan islam khususnya di Banda Aceh. Sedangkan untuk tingkatan santri-santriwatinya terdiri dari tingkatan kanak-kanak hingga dewasa.


Keterangan dalam galeri foto : Suasana saat Maulid Nabi sekaligus peresmian Dayah Mudhiatul Fata tahun 2014 silam. Tampak beberapa gambar Almarhum Abon, Baba, Abi Luengputu, Tgk Husen, H Aminullah Usman (calon Walkot Banda Aceh) dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Mohon dibagikan info ini, dan kita akan mendapat jatah pahala jika ada orang mengikutinya berkat informasi yang kita sebarkan. []

Baca juga :

No comments

Powered by Blogger.