Bersama Kami di Auliya Travel

Dayah Thalibul Huda Lamcot, Aceh Besar, Peringati Maulid & Tabligh Akbar Oleh Habib Achmad Jamal


Mudhiatulfata.net - Dalam rangka menyemarakan hari lahir junjungan alam Baginda Nabi, Dayah Thalibul Huda, Bayu-Lamcot, Aceh Besar, akan melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H, hari Sabtu 14 Januari 2017, yang diisi dengan berbagai kegiatan sayembara, pemberian santunan, zikir dan dakwah.

Untuk peringatan maulid kali ini bertemakan "Idolakan Nabi, Hidup Mati Pasti Berarti". 
Sementara untuk kegiatan sayembara pada peringatan  ini dikhususkan bagi santriwan-santriwati. Sedangkan sebelumnya sayembara yang telah dilaksanakan berupa Pidato, Tahfizul Qur-an, Tahfizul bit Alfiyah ibn Malik, Tahfizul Nazam 'Awamil, dan Dalail Khairat. Sementara untuk hal bantuan santunan diberikan kepada anak-anak Yatim Piatu. 

Kemudian pada malam Sabtu diadakan zikir Zhiaullami', merupakan kumpulan zikir karangan dari Habib Umar bin hafidz. Sedangkan untuk acara puncaknya sebagai dakwah, akan digelar Tablig Akbar beserta doa yang disampaikan oleh Habib Achmad Jamal bin Thoha Bagiil, salah seorang murid dari Habib Umar Bin Salim Bin Hafiz dari Kota Malang, Jawa Timur.

Dan esok harinya (Minggu) ba’da Shalat Shubuh diadakan temu-ramah dengan para santri dan dewan asaatid serta pengijazahan Surban, Tongkat, Tasbih dan Diaul Lami’.

Lihat jadwal selengkapnya di sini :


Sebagaimana biasa dalam kebudayaan Aceh, tradisi yang telah menjadi turun temurun digelar di setiap bulan maulid. Kegiatan maulid di Aceh juga dikenal khas dengan "kenduri" yakni sebuah jamuan makan untuk para tamu (memberi makan makanan) sebagai wujud dari sunnah nabi yaitu bersedekah.


Peran Dayah Thalibul Huda

Mengenai peran Dayah Thalibul Huda selama ini yang dipimpin Abi Hasbi Albayuni, tiap tahunnya memang sering mengadakan kegiatan peringatan maulid, dan juga sering mendatangkan berbagai tokoh ulama-ulama ternama baik dari Aceh maupun bertaraf nasional.

Mungkin begitu eksisnya kepimipinan Abi Hasbi Albayuni di dayah, hingga dayahnya kini semakin dikenal oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar Aceh, karena semakin ramainya kepercayaan orang tua /wali yang menitipkan anak-anaknya untuk nyantri (mondok) di dayah tersebut.

Tgk Hasbi Albayuni

Untuk aktifitas sehari-hari di dayah, selain belajar-mengajar juga sering diadakannya berbagai sayembara (musabaqah) untuk santri-santri, kemudian juga ada perhelatan dan kegiatan keagamaan lainnya seperti pertemuan ulama-ulama seluruh dunia, muzakarah, dakwah, maulid nabi dan lain sebagainya.

Di dayah ini pula juga pernah didatangkan atau dikunjungi oleh berbagai ulama baik dalam dan luar Aceh bahkan internasional. Seperti sebelumnya ada Imam Besar FPI Habib Riziq Syihab, Buya Yahya, KH Muhammad Idrus Ramli, Habib Jindan, Habib Novel dan lain-lain.  

Selain itu, Dayah Thalibul Huda ini beberapa tahun lalu juga telah dipercayakan menjadi Albahjah Aceh sebagai pengembangan sayap dakwah Albahjah Cirebon yang dipimpin oleh seorang ulama ternama dan masyhur, baik di Indonesia maupun di negara jiran dan bahkan internasional yaitu Yahya Zainal Ma'arif yang lebih dikenal dengan Buya Yahya. [yma]

No comments

Powered by Blogger.