Lagi-Lagi KH Idrus Ramli Tiba Di Aceh, Akan Berceramah Dari Aceh Tamiang Hingga Ke Aceh Utara



KH Idrus Ramli (baju putih) Ust. Musthafa (berjubah) bersama rombongan dan H Mursil (berbaju hitam)

Mudhiatulfata.net, Karangbaru - Ulama muda Ahlussunnah Waljamaah yakni KH Muhammad Idrus Ramli yang dikenal sebagai Singa Aswaja lagi-lagi datang ke Aceh. Setelah sebelumnya telah cukup dikenal bagi umat islam Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) karena sering memberikan tausiah dan dialog ilmiah dengan kalangan kalangan di luar Aswaja.
Terutama khusus bagi Aswaja Aceh seperti saat Parade Aswaja tahun 2015 lalu. Dan juga saat berkunjung ke Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh serta ke Dayah MUDI Samalanga dalam kunjungan guna mengisi jadwal silaturrahmi dan ceramah di beberapa wilayah di Aceh.

Sebelumnya tiba di Aceh, kedatangan KH Idrus Ramli dari Medan dijemput oleh panitia dakwah (Tim Aswaja) yang diketuai Ustad Musthofa Abdussalam Syah dari Aceh Tamiang. Kemudian KH Idrus bersama rombongan penjemput mampir shalat di Masjid Darmawan Jln Rajawali No 19 Medan, (Minggu, 15/1/2017).

Sementara untuk agenda lengkap KH Idrus Ramli di Aceh mulai tanggal 15 Januari (malam seninnya)  menginap di Hotel Arya, Karangbaru, Aceh Tamiang. Kemudian tanggal 16 Januari (Senin pagi) ke Kampung Sekerejo, Langsa, mengisi ceramah maulid Nabi.

Selanjutnya untuk malam Selasa, balik lagi ke Aceh Tamiang guna agenda ceramah maulid juga di Kampung Dalam, Karangbaru. Kemudian untuk tanggal 17 Januari KH Idrus Ramli ke Panton Labu di Aceh Utara dan pada malam Rabu mengisi pengajian di Masjid Pase Panton.

Dan sebagai akhir agendanya di malam Kamis, ia ke Masjid Agung di Aceh Timur untuk hal serupa, setelah itu baru KH Idrus Ramli pulang langsung ke Jawa dari Bandara Kuala Namo, Sumatera Utara.


Perjumpaan dengan salah seorang kandidat Cabup Aceh Tamiang
  
Sebelum ke Aceh, KH Idrus Ramli saat mampir untuk shalat di sebuah mesjid di Medan, ia bertemu dengan salah seorang tokoh Aceh Tamiang, H Mursil, SH, M.Kn yang juga hendak melaksanakan shalat berjamaah.

Saat ditanyakan kepada H Mursil tentang KH Muhammad Idrus Ramli dan dihubungkan dengan Front Pembela Islam (FPI), lantas bapak H Mursil mengatakan bahwa ia sangat mengagumi KH Muhammad Idrus Ramli dan ternyata lebih tegas Mursil menjelaskan bahwa KH Idrus Ramli berdakwah 'ala amar ma'ruf sedangkan FPI nahi mungkar.

Jawabannya tersebut dirasa sangat tepat untuk salah seorang cagub seperti H Mursil yang pandai dalam agama dan respon terhadap ilmu dan akidah umat.

Sebagaimana diungkapkan ketua Tim Aswaja saat itu, hal tersebut terbukti dari hasil penuturannya, dengan jelas H.Mursil, menjabarkan akan ciri-ciri Islam Ahlussunnah Waljamaah beliau menyebutkan sebagai berikut :

1. Berpedoman pada Qur'an, Hadits, Ijma' dan Qiyas.
2. Di bidang Fiqih, bermadzhab kepada salah satu madzhab yang empat (ImamHanafi, Imam Maliki, ImamSyafii dan Imam Hanbali).
3. Di bidang Aqidah, mengikuti faham Asy'ariyah dan Maturidiyah.
4. Di bidang Tasawuf, mengikuti Abu Qashim Abdul Karim al-Qusyairi, Imam Al-Hawi, Imam Al-Ghazali dan Imam Abu Qosim al-Junaidi.

Keilmuan yang sangat mengagumkan, sama-sama santun, rendah diri dan bersahaja. Inilah menjadi nasib baik bagi Bapak H Mursil, sehingga akhirnya mereka mengabadikan pertemuannya dengan berfoto bareng dengan KH Idrus Ramli dan rombongan. [yma]


No comments

Powered by Blogger.