Bersama Kami di Auliya Travel

Keindahan Mesjid Raya Baiturrahman Kini, Juga Sebagai Bukti Keajaiban & Kebanggaan Bagi Rakyat Aceh


Mudhiatulfata.net - Sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Aceh, selain menjadi landmark, Mesjid Raya Baiturrahaman (MRB) yang selamat saat Tsunami Aceh tahun 2004 ini juga sarat keajaiban.

Terletak di Banda Aceh, MRB merupakan tempat ibadah sekaligus landmark utama di Aceh. Tidak hanya indah dan megah, masjid tersebut juga menjadi saksi bisu dari banyaknya kisah di luar nalar manusia. 



Salah satu keajaiban MRB, seperti saat terjadinya bencana alam gempa & tsunami Aceh yang melanda Bumi Serambi Makkah pada tahun 2004 silam, tapi masjid ini tetap selamat dari kehancurannya.

Menariknya lagi, MRB juga menjadi tempat berlindung umat muslim maupun non-muslim saat tsunami terjadi 2004 lalu. Hanya bagian pagar dari MRB saja yang rusak akibat terpaan arus air, sedangkan fisik masjid sama sekali tidak rusak. Sehingga kisah dari MRB yang tidak hancur dihempas tsunami terdengar kemana-mana.


Selain kisah tsunami, Masjid Raya Baiturrahman rupanya juga kental dengan sejarah Aceh. Di sinilah orang-orang dapat mempelajari sejarah-sejarah tentang Aceh dan budaya ala Serambi Makkah.

Namun bagi yang ingin berkunjung ke MRB sekarang sedang proses renovasi secara besar-besaran yang hampir rampung. Yaitu dipasangnya payung elektrik ala Masjid Nabawi Madinah di pekarangan MRB.

Proses pengerjaan di bagian pelataran masjid yang dahulunya adalah taman. Selain dilakukan pemasangan fondasi untuk payung, nantinya di bagian bawah pelataran masjid akan dibangun ruang parkir bawah tanah untuk kendaraan.


Saat ini pengunjung hanya dapat melihat keindahan masjid, sedangkan taman yang dulu dijadikan tempat berteduh kini masuk dalam tahap proses penyempurnaan. Dan area itupun dipagar dan apabila semua lancar, pemasangan payung ditargetkan untuk tahun ini selesai. [yma]
Powered by Blogger.