Pedagang Sate keliling di Aceh Bantah Pakai Daging Ayam Busuk







MudhiatulFata.net - Pedagang sate keliling berinisial MY (30), Warga Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, membantah memakai daging ayam busuk. Ia mengatakan aroma tidak sedap di rumahnya berasal dari air bekas rebusan daging yang ditampung dalam ember.





Bau busuk itu dari air rebusan daging (lemak ayam yang terangkat di air rebusan membuat bau tidak sedap). Tetapi bukan dagingnya yang busuk, sebut MY saat ditemui awak media, Jumat (5/6) .

Ia mengaku bahwasanya tidak langsung membuang air rebusan tersebut dikarnakan rumahnya tidak ada saluran pembuangan air. Sehingga air rebusan tersebut ditampung hingga tiga hari di dalam ember sebelum dibuang.

Air rebusan itu tetap kita buang, namun jauh dari pemukiman warga. Karna tidak mungkin kami buang air rebusan itu sembarangan, makanya kami tampung dulu. Apalagi gerobak yang kami gunakan saja hampir roboh, jadi kami tunggu hingga ember penuh baru kami buang sekalian, ungkapnya.

MY sudah delapan tahun berjualan sate, dan selama rentang waktu itu belum pernah menerima komplain dari konsumen. Dirinya menegaskan, selama menjadi pedagang sate tidak pernah menjual daging ayam busuk. Kalau sate pakai daging busuk rasanya juga akan lain, meski diproses menggunakan cara apa pun, sebut MY.

Walaupun demikian, MY mengaku bahwa ia salah, lantaran proses pengolahan daging sate miliknya dinilai belum layak dari sisi kesehatan. Sebab, dirinya sangat keterbatasan alat dan fasilitas lainnya.

Tapi saya berterima kasih kepada pihak Muspika Baitussalam dan kepolisian, telah mengingat untuk tetap menjaga kebersihan, pungkasnya.

Sebelumnya, Kamis (5/6), polisi bersama perangkat Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, memusnahkan daging ayam milik seorang penjual sate keliling. Pemusnahan dilakukan karena daging itu diduga sudah busuk.

Disini polisi tidak mengambil tindakan hukum lantaran belum bisa memastikan apakah daging yang dijual MY adalah daging busuk atau bukan. Berdasarkan hasil diskusi dengan perangkat kecamatan, disimpulkan MY diproses secara pembinaan dan barang bukti dimusnahkan.

Sumber aslinya disini

No comments

Powered by Blogger.